5 Tips Memilih Tempat Wisata Sekolah TK dan SD

Setiap tahun ajaran baru pihak sekolah selalu berusaha mencari tempat untuk wisata sekolah TK dan SD yang belum pernah mereka kunjungi.  Pemilihan lokasi wisata sekolahnya pun biasanya dikonsultasikan dengan pihak Komite Sekolah.

wisata sekolah tk dan sdKomite Sekolah yang diwakili oleh ketua komite, sekretaris dan bendahara saat ini memegang peranan penting dalam menentukan tujuan wisata sekolah TK dan SD yang hendak dikunjungi.  Mereka aktif untuk mencari via googling atau bertanya ke temannya dari sekolah lain untuk menanyakan tempat mana yang cocok untuk tujuan wisata sekolah mereka.

Survei via google dan survei langsung ke lokasi tidak jarang dilakoni oleh team komite sekolah.  Biasanya mereka memiliki 3 pilihan yang berbeda dan di lokasi yang berbeda.

Berikut 5 Tips memilih wisata sekolah TK dan SD yang disarikan oleh penulis dari wawancara langsung dengan guru PJ ( Penanggung Jawab) wisata sekolah TK dan SD yang berkunjung ke Sentulfresh :

  1. Lokasi aman untuk dikunjungi.  Pertimbangan keamanan menjadi prioritas bagi seluruh guru penanggung jawab wisata sekolah TK dan SD.  Mengapa demikian? karena siswa TK, terutama yang usia toddler (2 tahunan) itu memiliki banyak keterbatasan dalam hal bergerak.  Keamanan disini mencakup keamanan saat berjalan di lokasi wisata, aman pada saat sedang berinteraksi dengan hewan, aman dari gangguan manusia lain (pengunjung).
  2.  Lokasi tertutup.  Maksud dari lokasi tertutup ini adalah lokasi wisata sekolah TK dan SD tersebut bukan merupakan lokasi lalu lalang dari banyak pengunjung.  Beberapa sekolah mahal dan ekslusif seperti TK Kinderfield mensyaratkan hal tersebut.Pertimbangan lokasi yang tertutup ini ternyata menjadi pertimbangan yang penting.  Kita tahu bahwa sekolah yang berbiaya mahal biasanya hanya dimasuki oleh siswa yang memiliki orangtua yang berlatarbelakang ekonomi mampu (high class), sehingga tak heran jika mereka ingin agar lokasi wisata edukasi tersebut steril dari gangguan orang yang tidak dikenal.TK Kinderfield bahkan mempercayakan 450 siswa nya untuk ber wisata sekolah TK dan SD di Sentulfresh.  Orang tua siswa tidak diperbolehkan masuk ke lokasi wisata.  Hal ini semata mata agar pengajaran outdoor activity anak dan kemandirian bisa di tumbuhkan.
  3. Memiliki Beberapa tema sekaligus.  Tak jarang, untuk menghemat biaya wisata sekolah, maka pihak PJ wisata men survei tempat yang bisa menyediakan beberapa tema sekaligus.  Pengajaran di TK tidak lepas dari tematik.  Tema yang banyak diusung oleh tempat wisata sekolah adalah tema binatang, tema tanaman, tema bioteknologi, tema profesi.  Dari beberapa tema favorit tersebut nantinya barulah disepakati tempat mana yang akan dipilih.
  4. Akses menuju lokasi lancar dan tidak macet.  Seringkali lokasi ideal untuk melakukan wisata sekolah TK dan SD sulit untuk di cari.  Lokasi favorit umumnya berada di Bogor, karena pertimbangan Bogor dekat dengan Jakarta.Lokasi yang dihindari oleh wisatawan TK adalah daerah Cipanas Puncak.  Untuk menuju ke Puncak, bus sekolah harus berusaha keras untuk menghindari macet dengan memperhatikan jadual macet dan tidak macet.  Nah… karena lokasi tersebut dihindari, maka dicarilah alternatif di daerah Sentul.  Pilihan yang tepat adalah ke Sentulfresh Edufarm Program.  Program wisata sekolah TK dan SD di sentulfresh melingkupi 4 tema sekaligus seperti point 3 diatas.  Selain itu yang paling penting adalah hanya membutuhkan waktu 15 menit dari keluar tol sentul selatan / sentul city menuju lokasi farm.
  5. Memiliki Guide yang handal.  Lokasi nya sudah bagus, akses jalan juga nyaman, tema juga sudah cocok, nah… perlu ditanyakan juga oleh Penanggung Jawab Wisata Sekolah apakah lokasi wisata tersebut menyediakan guide GRATIS.  Tak jarang lho pada saat kita berkunjung anak-anak dibiarkan keleleran bersama gurunya tanpa didampingi oleh guide.  Namanya saja wisata sekolah, masak sih gak ada yang mandu.  Guide juga harus yang familiar dengan anak anak dan friendly. 

Demikian 5 tips memilih tempat wisata sekolah TK dan SD yang kami rekomendasikan untuk diperhatikan oleh PJ Wisata Sekolah.  Semoga anda bisa memilih wisata edukasi yang tepat untuk siswa siswi sekolah anda.  Jika kesulitan untuk memilih, silahkan KONTAK DISINI.  Anda akan dibantu dengan sepenuh hati.

 

 

Iklan

Satu respons untuk “5 Tips Memilih Tempat Wisata Sekolah TK dan SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s