Membersihkan Telinga Dengan Benar

Membersihkan Telinga – Telinga merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mendengar ( menerima suara ). Organ ini berada jauh didalam kepala kita dan dalam struktur nya telinga memiliki lubang atau rongga yang didalam nya terkadang banyak kotorannya. Kita semua sepakat bahwa memiliki kotoran telinga yang menumpuk adalah sesuatu yang sangat menjijikan. Akan tetapi tahukah anda? Bahwasannya kotoran kuping atau telinga tersebut adalah se-kumpulan sel-sel kulit mati dan kotoran yang berusaha masuk dari luar tubuh kita melalui lubang telinga. Jadi, salah presepsi jika kita menyangka kotoran kuping berasal dari bagian dalam kuping.

Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa pengunaan earphone secara berlebih akan menyebabkan jumlah kotoran telinga kita bertambah. Getaran suara yang ditimbulkan oleh earphone akan langsung mengenai lapisan gendang telinga, sehingga hal tersebut akan melukai atau bahkan merusak lapisan gendang telinga. Selain merusakn sensitifitas gendang telinga, getaran pada earphone juga akan menyebabkan produksi kotoran telinga menjadi dua kali lipat.

Membersihkan telinga tidak boleh sembarangan, Demi menjaga kesehatan telinga kita, alangkah baiknya jka kita membersihkan telinga kita secara rutin minimal dua minggu sekali. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada di dalam telinga kita tidak mengeras dan menumpuk.  Lalu bagaimanakah cara membersihkan telinga yang baik dan benar? Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan dalam rangka membersihkan kotoran telinga, Yaitu:

  • Menggunakan Cotton Bud

Cotton bud atau biasa kita sebut sebagai korek kuping merupakan alat yang digunakan untuk mengeluarkan kotoran telinga. Alat ini juga biasa dikenal dengan nama tusuk telinga. Cara mengeluarkan kotoran telinga menggunakan Cotton Bud sangatlah mudah, tak perlu teknik atau cara khusus tertentu untuk melakukan hal tersebut. Hanya saja kita perlu mengira-ngira kedalaman cotton bud yang masuk agar tidak menyentuh gendang telinga.

Bila anda tak yakin untuk mengeluarkan kotoran telinga seorang diri, ada baiknya jika anda meminta bantuan orang lain untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Dengan demikian, kemungkinan korek kuping menggores gendang telinga bagian dalam akan terminimalisir.

  • Menggunakan Air Bersih

Cara ini hampir sama dengan cara mengeluarkan air yang masuk kedalam telinga. Yakni dengan cara memasukkan air bersih kedalam telinga, lalu mengeluarkannya kembali. Berbeda dengan cara yang pertama, cara ini membutuhkan teknik dan skill tertentu dalam mengeluarkan air. Karena jika anda melakukan salah sedikit sajam, maka yang di dapat hanyalah air yang terjebak di dalam telinga.

Cara yang benar adalah teteskan air bersih kedalam telinga. Jika air sudah dirasa masuk, buanglah air tersebut dengan cara memiringkan kepala anda. Air ini akan membawa seluruh kotoran yang ada pada telinga anda. Tapi ingat, jangan biarkan air terlalu lama berada di dalam telinga. Karena hal ini akan membuat air bersih tadi terjebak di dalamnya.

  • Cek up ke Dokter THT

Bantuan medis dari dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan) adalah solusi yang sangat tepat jika anda ingin mendapatkan kebersihan telinga secara meyeluruh. Dokter THT akan membantu anda membersihkan telinga secara aman, bersih dan sehat. Karena tentunya sang dokter akan memakai alat bantu khusus yang lebih steril untuk membersihkan telinga anda.

Bantuan medis sebenarnya dilakukan untuk orang-orang yang mengalami gangguan telinga akut. Yakni mereka yang memiliki masalah saperti kotoran yang mengeras dan pembengkakan pada telinga

Save

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s