Tips Menyambut Lebaran

Menyambut Lebaran – Hanya dalam hitungan hari, hari raya Idul Fitri (lebaran) akan segera tiba. Berbagai persiapan harus segera dilakukan. Sosok yang paling sibuk menjelang lebaran adalah para ibu. Semua urusan persiapan lebaran biasanya diatur oleh ibu sebagai manajer keluarga. Para bapa biasanya hanya menerima hasilnya saja.

Seorang ibu tentunya harus berpikir dan bertindak cerdas menghadapi momen lebaran ini agar seluruh keluarga bisa menyambut lebaran dengan penuh suka cita dan penuh makna. Menjelang lebaran kebutuhan keluarga melonjak drastis dari hari biasanya. Sebagai seorang ibu tentunya diperlukan tips jetu agar semuanya bisa terkendali dengan baik. Sehingga bisa menyambut hari lebaran dengan hati tenang. Apa saja tips jetu yang bisa diambil oleh para ibu? mari kita simak tips berikut ini.

Mencatat kebutuhan lebaran
Kebutuhan lebaran tentunya sangat banyak. Agar tidak ada yang terlewat atau beli double maka sebaiknya setiap kebutuhan lebaran dicatat dengan teliti. Jika kebutuhan lebaran sudah terpenuhi tandai catatannya sehingga kita tahu mana yang sudah siap dan mana yang belum.

Membeli kebutuhan lebaran lebih awal
Umumnya orang akan membeli kebutuhan lebaran ketika sudah mendekati hari H, akibatnya pusat perbelanjaan akan sesak dan kita tidak bisa selesa dalam berbelanja. Sebaiknya kita membeli keperluan lebaran jauh-jauh hari sehingga bisa leluasa memilih dan harga pun cenderung masih miring.

Menabung
Keperluan lebaran sangat banyak sehingga diperlukan persediaan uang yang lebih. Apalagi jika berniat mudik ke kampung halaman tentunya kebutuhannya akan jauh lebih besar. Alangkah cerdasnya jika kita memiliki tabungan khusus lebaran. Kita siapkan celengan khusus, setiap selesai belanja sisa uang belanja hari itu langsugn dimasukkan ke celengan. Dengan cara seperti itu kita tidak merasa sedang menabung, tapi hasilnya akan sangat memuaskan.

       Membuat kue lebaran homemade
Harga kue-kue lebaran di pasaran cukup mahal jika memilih kualitas yang baik. Membuat kue lebaran sendiri jauh lebih murah, bisa empat kali lipat lebih murah. Membuat kue lebaran homemade tentunya bisa menekan pengeluaran cukup banyak.

Daur ulang pakaian
Lebaran identik dengan baju baru. Menjadi sebuah kelaziman ketika mendekati lebaran harga-harga baju melonjak tajam, karena memang permintaan yang tinggi. Sebelum memutuskan untuk membeli baju ada baiknya membuka lemari pakaian dan memilih pakaian yang masih bagus. Bisa jadi Anda tidak perlu membeli baju, cukup dengan mengenakan baju lama yang masih bagus. Biar terlihat baru bisa disiasati dengan penambahan aksesoris atau padupadan dengan kerudung yang berbeda.

Bijak merayakan lebaran
Esensi dari lebaran adalah kita kembali menjadi fitrah setelah sebulan berpuasa, segala dosa terhapus dan kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga menyambut lebaran tidak perlu berlebihan dengan berfoya-foya dan memaksankan diri. Jika memiliki kelebihan rezeki lebih baik berbagi dengan fakir miskin, sehingga harta kita lebih berkah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s