Cara pembuatan pupuk dari kotoran ayam

Cara pembuatan pupuk dari kotoran ayamCara pembuatan pupuk dari kotoran ayam – Tidak dapat kita pungkiri bahwasannya setiap kotoran mempunya manfaat untuk menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Jika kita mampu memanfaatkannya maka akan sangat banyak limbah kotoran ini yang berubah menjadi suatu yang bermanfaat dan tidak menjadi polusi udara untuk masyarakat sekitar bagi yang sudah mempunyai peternakan ayam.

Untuk kali ini kita akan belajar bersama tentang bagaimana cara pembuatan pupuk dari kotoran ayam. Tentunya pembuatan pupuk dari kotoran ayam ini juga membutuhkan beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui sehingga menjadi pupuk yang berkualitas untuk tanah dan tanaman.

Biasanya kadar air kotoran ayam terlalu tinggi bila langsung digunakan untuk pengomposan, maka sedikit dibiarkan atau dijemur akan mengurangi kadar airnya. Namun bila campuran bahan kompos lainnya dalam keadaan kering, maka kotoran ayam bisa langsung digunakan. Cara mengukur kadar air dari kotoran ayam sudah memenuhi untuk pengomposan adalah dengan mencampur dua timba kotoran ayam dan satu timba limbah pertanian, bila diperas tidak keluar air atau hanya setetes air yang keluar, maka kotoran ayam ini sudah bisa digunakan untuk pengomposan.

Bahan-bahan :

M-Bio (5 ml), gula merah (4 g), air (1 L), dedak (1,5 kg), pupuk kotoran ayam (5 kg).

Cara pembuatan pupuk dari kotoran ayam :

  1. M-Bio dilarutkan, ditambah gula merah dan air, diinkubasikan selama 12 jam.
  2. Pupuk kandang kotoran ayam dicampur dengan dedak secara merata membentuk suatu adonan (pupuk kandang kotoran ayam dan dedak).
  3. Larutan M-Bio disiramkan ke dalam adonan secara merata dan kandungan air awal pada adonan diusahakan mencapai 50 % dengan cara mengepak dengan jari campuran adonan, air tidak keluar dari adonan dan jika kepalan lepas, campuran adonan akan mengembang.
  4. Campuran adonan ditimbun di atas lantai yang kering dengan ketinggian 15 sampai 20 cm, kemudian ditutup dengan karung goni selama 12 sampai 15 hari.
  5. Setelah 12 sampai 15 hari kotoran ayam selesai difermentasi dan siap digunakan menjadi pupuk organik.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s