Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Negeri Dan Swasta

Kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta, dapat memudahkan kita sebagai orang tua dalam hal mengambil keputusan untuk menyekolahkan anak kita ke sekolah yang tepat.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta.

kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta di indonesia

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA

  • Dalam hal daya tampung

Sekolah negeri dan swasta menawarkan daya tampung yang berbeda. Umumnya daya tampung sekolah negeri dalam suatu kelas lebih banyak dari sekolah swasta. Semakin ramai kelas maka semakin sulit penyerapan ilmunya.

  • Dalam hal jam belajar

Biasanya jam belajar di sekolah negeri lebih singkat dibandingkan jam belajar di sekolah swasta. Dan kecenderungan yang terjadi adalah semakin baik populer nama suatu sekolah maka semakin lama pula jam belajar. Namun, terlalu lama di kelas juga tidak baik, karena murid dapat kelelahan dan enggan untuk bermain dengan teman sebayanya di rumah.

  • Dalam hal fasilitas

Dalam hal fasilitas, sekolah swasta lebih baik dibandingkan dengan sekolah negeri. Karena memang sekolah swasta dibayar penuh oleh konsumen (orang tua), sedangakan sekolah negeri didanai oleh pemerintah. Dan faktanya memang banyak sekolah negeri yang tidak layak lagi.

  • Dalam hal biaya sekolahkelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta di indonesia

Biaya SPP sekolah negeri dibiayai sepenuhnya oleh negara (walau nyatanya masih harus memberikan pembayaran ke sekolah dengan berbagai alasan, misalnya uang les, sumbangan pembangunan gedung, dll). Sedangkan sekolah swasta dibayar penuh oleh konsumen (orang tua).

  • Dalam hal interaksi

Murid-murid sekolah negeri berasal dari berbagai latar belakang sosial, budaya dan ekonomi yang berbeda. Sementara para murid sekolah swasta (termasuk yang mendapat predikat sekolah terbaik) berasal dari kelas sosial yang relatif sama.

Berada dalam lingkungan dengan berbagai macam karakter serta latar belakang berbeda membuat anak mudah memahami dan bersikap terhadap perbedaan ketika ia dewasa.

Sebaliknya, anak mungkin akan memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri jika ia terbiasa menghadapi dan berada di lingkungan dengan teman-teman yang berasal dari kelas sosial atau golongan yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa sekolah terbaik bukan hanya ditentukan dari status sebagai sekolah negeri maupun sekolah swasta. Tapi juga dari perkembangan karakter dan kepekaan sosial yang ditunjukkan tiap murid selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Ada baiknya jika orang tua melibatkan anak dalam memilih calon sekolahnya, agar mereka dapat menyiapkan dirinya sejak awal dan bersemangat mengawali hari-hari pertamanya di sekolah terbaik pilihannya sendiri.

Jadi, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta tersebut, sekolah manakah yang akan anda pilih untuk anak anda?

Iklan

2 respons untuk ‘Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Negeri Dan Swasta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s