Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak

Memilih sekolah yang baik untuk anak, gimana caranya?

Kata sekolah sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena sekolah merupakan suatu kebutuhan, agar kita dapat menjalani kehidupan kita lebih baik di masa mendatang.

Dengan bersekolah, kita dapat lebih mudah menerima pengetahuan serta wawasan yang kita butuhkan untuk menjalani hidup ini. Namun, dalam memilih sekolah haruslah teliti. Karena semakin baik sekolah yang kita pilih untuk anak kita, semakin baik pula jadinya anak kita nanti.

Maka daripada itu, disini penulis akan memaparkan beberapa cara memilih sekolah yang baik untuk anak. Dalam memilih sekolah yang baik untuk anak, butuh beberapa tahap.

Sebelum memilih sekolah yang baik, ada baiknya kita mengetahui seluk-beluk mengenai sekolah seperti definisi sekolah, tujuan sekolah serta jenis sekolah dan hal lain yang berkaitan dengan sekolah terlebih dahulu agar kita memahami lebih “apa itu sekolah”.

Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak kita

DEFINISI SEKOLAH

Sekolah adalah tempat didikan bagi anak-anak. Tujuan dari sekolah pada umumnya adalah agar anak memiliki bekal untuk kehidupannya di masa mendatang, adapun tujuan khususnya adalah untuk mengajarkan anak agar menjadi anak yang mampu memajukan bangsa. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru.

Sekolah juga memiliki jenjang-jenjang tertentu, di Indonesia sekolah terdiri dari beberapa jenjang. Dimulai dari TK (taman kanak-kanak), lalu SD (sekolah dasar), kemudian SMP (sekolah menengah pertama), dilanjutkan ke SMA (sekolah menengah atas), setelahnya barulah ke jenjang PT (perguruan tinggi).

Nah…penjelasan diatas merupakan definisi serta tujuan dan beberapa jenjang sekolah. Sekarang, udah siap belum untuk mengetahui tips-tips memilih sekolah yang baik?. Tapi sebelum itu masih ada lagi jenis-jenis sekolah biar pemahaman kita tentang sekolah lebih mantab. Berikut pemaparan jenis-jenis sekolah yang ada di Indonesia.

JENIS SEKOLAH BERDASARKAN STATUS

Di Indonesia, sekolah dibedakan menjadi sekolah negeri dan sekolah swasta. Perbedaan sekolah negeri dan swasta, secara mendasar yaitu, sekolah negeri merupakan sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Sedangkan sekolah swasta yaitu sekolah yang diselenggarakan oleh non-pemerintah/swasta, penyelenggara berupa badan yayasan pendidikan.

Oke…mungkin ini aja sebagai pengantarnya, karena kayanya pembaca udah ga sabar pengen tau kiat-kiat memilih sekolah yang baik. Berikut pemaparan cara-cara memilih sekolah yang baik.

CARA-CARA MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK

Cara-cara memilih sekolah yang baik ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sekolah yang baik, maka secara umum sekolah harus memenuhi ketentuan berikut:

  1. Memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar anak dan memperhatikan tahapan perkembangan anak.
  2. Dapat memenuhi kebutuhan unik atau individual anak.
  3. Dapat membantu pencapaian tujuan jangka panjang orangtua untuk anak masing-masing.
  4. Sekolah yang memiliki tujuan pendidikan yang sama dengan orangtua.
  5. Cara guru mengajar di kelas.
  6. Lingkungan sekolah serta lingkungan pergaulan di sekolah.

Perlu diperhatikan juga pendidikan di rumah, karena sebagus apapun pendidikan formal di luar rumah yang kita ambil untuk anak kita, bila tidak disertai dengan pendidikan dalam rumah yang baik pula, maka hasilnya tidak akan semaksimal yang diinginkan. Selain itu lingkungan pergaulan dirumah juga harus diperhatikan. Karena zaman sekarang ini pergaulan makin liar dan tidak terkontrol.

Demikian penjelasan mengenai tata cara memilih sekolah yang baik, mudah-mudahan bermanfaat. Tolong sebarluaskan situs ini agar semakin banyak yang membaca dan tidak salah dalam memilih sekolah. Dan agar Indonesia menjadi semakin baik lagi tentunya.

Iklan

3 respons untuk ‘Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s