Cara Jitu Untuk Memahami Pelajaran Di Sekolah

Sekolah adalah hak serta kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Sampai-sampai pemerintah mewajibkan rakyatnya untuk menempuh jenjang pendidikan sekurang-kurangnya 9 tahun (SD dan SMP). Namun sekolah yang identik dengan banyaknya pelajaran-pelajaran baru, dapat membuat murid pusing. Hal ini dapat terjadi jika si murid tidak memiliki cara jitu untuk memahami pelajaran di sekolah. Yang malah akan menyebabkan dampak buruk bagi si anak sendiri. Maka daripada itu, disini akan dijelaskan cara -cara jitu  itu.

Berikut langkah-langkah cara jitu untuk memahami pelajaran di sekolah:

  • Yang pertama dari cara jitu untuk memahami pelajaran di sekolah adalah MEMPERHATIKAN, memperhatikan siapa?. Yang pastinya bukan memperhatikan teman kamu yang lagi tidur. Melainkan memperhatikan GURU yang sedang mengajar di kelas. Selain itu, perlu diperhatikan juga cara mengajar sang guru tersebut, harus menarik. Kalau cara mengajarnya saja sudah membosankan, gimana muridnya mau memperhatikan?
  • Setelah memperhatikan, dilanjutkan dengan MENCATAT POIN-POIN PENTING. Dengan begitu, ilmu yang diperoleh dapat diekspresikan ke dalam catatan. Agar ilmunya lebih nempel.
  • Bukan cuma sampai situ aja, dilanjutkan dengan MEMBACA LAGI DAN LAGI catatan yang tadi dibuat. Karena pelajaran akan lebih nempel di otak kita, bila diulang terus-menerus.
  • Kalo pelajaran tersebut membutuhkan praktek, maka sebaiknya PRAKTIKKAN pelajaran tersebut di kehidupan kamu. Contohnya: Seperti pelajaran matematika, dibutuhkan latihan secara terus-menerus agar terbiasa.
  • Agar pelajaran tadi lebih melotok di otak kita, maka MEMBACA BUKU PAKET juga diperlukan. Hal ini dapat melengkapi penjelasan guru di kelas.
  • WAKTU BELAJAR YANG TEPAT juga menjadi faktor penting dalam memahami pelajaran di sekolah. Seperti pagi hari, baiknya untuk menghafal.
  • Agar belajar lebih serius, SITUASI lingkungan di sekitar kita juga harus mendukung.
  • Jika dirasa belajar sendiri masih kurang paham, maka dapat MEMBUAT GRUP BELAJAR. Dalam grup belajar, kita bisa secara luwes saling tanya atau saling berbagi tentang ilmu. Karena sebaik-baiknya belajar adalah dengan mengajarkan.
  • Dan tidak kalah pentingnya dari poin-poin diatas tadi, ISTIRAHAT YANG CUKUP juga sangat penting. Karena bila tubuh terus digenjot untuk belajar, maka hasilnya pun tidak akan baik bagi kesehatan kita dan pelajaran sulit dicerna.

Penjelasan diatas merupakan cara jitu untuk memahami pelajaran di sekolah. Mudah dan sangat simpel.

“Gelas yang diisi oleh keran yang berair deras tidak akan menghasilkan gelas yang penuh. Tapi gelas yang diisi oleh keran dengan aliran air secukupnya akan menghasilkan gelas yang penuh dengan air”. Ibarat otak kita jika digenjot untuk menerima ilmu dengan jumlah yang sangat banyak, maka hasilnya tidak akan maksimal. Tapi bila kita mempelajarinya pelan-pelan tapi menyeluruh, pasti hasilnya lebih baik.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang sekolah:

Kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan swasta

Perbedaan sekolah negeri dan swasta

Memilih sekolah yang baik untuk anak

Iklan

3 respons untuk ‘Cara Jitu Untuk Memahami Pelajaran Di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s