Manfaat Olahraga Untuk Anak-anak

Macam-macam manfaat olahraga untuk anak-anak, olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan sangat banyak sekali manfaatnya. hidup sehat harusnya dijalani oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak apalagi bila anak sudah terbiasa berolahraga dari kecil, maka hal ini akan membawa pengaruh baik bagi anak. Bermacam-macam manfaat olahraga untuk anak-anak kita baik dalam hal pertumbuhan anak, ketahan fisik anak dan daya pikir anak.

Olahraga yang bagus untuk pertumbuhan anak nggk bisa dilakukan sembarangan pilih karena harus disesuaikan usia, jenis dan juga faktor keamanan bagi anak. Apa sajakah manfaat olahraga untuk anak-anak ?

manfaat olahraga untuk anak-anak

Otak anak makin berkembang

Otak serta organ fisik lainnya akan mengalami perkembangan ketika melakukan beragam aktivitas termasuk olahraga fisik. Semakin sering anak melakukan olahraga maka makin baik juga kecerdasan otak anak. Banyak sekali jenis olahraga yang bagus untuk pertumbuhan anak ya, Bunda terutama perkembangan otak mereka.

Baik untuk pembentukan fisik dan postur tubuh anak

Selain perkembangan otak, olahraga juga akan sangat bermanfaat dalam pembentukan fisik anak dan juga perkembangan otot-otot tubuh mereka menjadi semakin kuat. Jadi Bunda, tunggu apalagi? Segera pilihkan olahraga yang bagus untuk pertumbuhan anak secara tepat.

Nggak gampang terserang penyakit

Dengan rutin olahraga maka akan menyehatkan organ vital anak sejak dini seperti jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah akan berjalan normal. Nggak hanya itu ya Bunda, dengan memilih olahraga yang tepat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

olahraga untuk anak

Pada akhirnya anak-anak nggak mudah terserang penyakit oleh karena daya tahan tubuh yang bagus mampu menangkal berbagai kuman dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai contoh, misalnya anak giat berenang maka pernafasannya akan lebih sehat sehingga berenang bisa dikategorikan sebagai salah satu cara alami mengatasi anak batuk. Dengan rutin berolahraga maka ketahanan fisik anak akan terbangun sebab dalam pertandingan olahraga akan menuntut anak bermain hingga selesai. Sehingga hal itu akan membuat anak terlatih untuk menjaga stamina tubuh mereka untuk bertahan dalam jangka waktu tertentu. Maka, segeralah ajak si kecil rutin berolahraga karena akan bermanfaat untuk dirinya sendiri baik kini maupun nanti.

Keterampilan sosial dan kerja tim anak terasah

Dengan membiarkan anak melakukan olahraga bersama teman-temannya maka secara nggak langsung hal itu akan melatih keterampilan anak berinteraksi dan kemampuan anak bersosialisasi. Selain itu, dengan olahraga akan melatih sportifitas dan juga kerja tim anak. Keterampilan-keterampilan ini akan sangat memudahkan anak nantinya ketika sudah dewasa.

Melatih sikap kompetitif dan sportif anak

Dalam kehidupan ini pertandingan akan ada yang menang dan kalah. Dengan anak mengikuti pertandingan olahraga akan mengajarkan mereka mengenai hal itu dan mereka akan belajar bagaimana berkompetisi yang benar dan selalu bersikap sportif menerima kekalahan ataupun kemenangan. Semua kompetisi juga harus dilakukan dengan usaha, semua pelajaran itu akan anak dapatkan dari berolahraga.

Iklan

Satu respons untuk “Manfaat Olahraga Untuk Anak-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s