Menjaga Kesehatan Mata Agar Lebih Cantik

 

menjaga kesehatan mata agar cantikMenjaga kesehatan mata agar cantik sangatlah penting karena sayang sekali bila penglihatan kita kabur atau hilang, mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga oleh karena itu kita harus merawat dan menjaga kesehatan mata kita, dengan memiliki mata yang sehat kita dapat melihat indah nya dunia beserta isi nya. untuk itulah, betapa penting nya merawat dan menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti rabun, presbiopi, miopi dan hipermetropi. lalu adakah tips atau cara menjaga kesehatan mata kita ? sahabat, berikut beberapa hal yang wajib di perhatikan untuk menjaga kesehatan mata kita.

Perhatikan Jarak ketika Menonton Televisi atau Membaca

Jarak yang bisa dikatakan aman untuk menonton televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14 inchi dan 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berukuran kecil saja supaya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda. Terlebih kalau televisi tersebut juga digunakan oleh Anda dan juga anak Anda untuk bermain game yang biasanya memakan waktu berjam-jam lamanya. Demikian juga dengan kebiasaan membaca agar tidak berjarak terlalu dekat. Membaca dengan jarak yang dekat bisa menyebabkan mata tegang dan mudah lelah. Jangan lupa pula untuk menggunakan penerangan yang cukup dan tidak membaca sambil tiduran atau malas-malasan.

Lamanya Duduk di Depan Komputer atau Televisi

Usahakan untuk tidak menatap layar komputer atau televisi dalam jangka waktu lama sekaligus. Anda bisa mengatur agar setiap 1-2 jam sekali, Anda menjauh dari televisi atau komputer untuk mengistirahatkan sejenak mata Anda. Lakukan aktifitas berjalan selama 5-10 menit sehingga pandangan tidak hanya fokus pada satu tempat.

Menghindari Debu dan Menggunakan Kacamata

Debu sangat berperan dalam merusak mata Anda. Ketika bepergian ke luar ruangan, di jalan raya misalnya, sebaiknya menggunakan masker atau pelindung mata supaya debu-debu yang akan masuk ke mata bisa diminimalisir.  Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat resiko mata menjadi katarak. Menggunakan kacamata bisa menghindarkan mata Anda dari sorotan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab pengerasan lensa, katarak, dan terjadinya penurunan penglihatan akibat adanya gangguan di pusat retina. Dengan menggunakan kacamata, sinar UV bisa disaring sampai 100% ketika Anda berada di luar ruangan.

Melakukan Olahraga dan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Menurut hasil studi, olahraga dapat bermanfaat untuk menurunkan ketegangan di mata sehingga merurangi resiko glaukoma. Ada banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, treadmill, kegym dan lainnya yang bisa dilakukan secara konsisten. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin kepada dokter spesialis maka resiko terkena masalah kesehatan pada mata akan bisa dikurangi karena sebelum penyakit datang, sudah bisa terdeteksi lebih dulu sehingga bisa segera diatasi/diobati.

Konsumsi Makanan Penyehat Mata

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata Anda mulai dari wortel yang mengandung banyak vitamin A, alpukat, brokoli yang termasuk sayuran hijau, telur, bayam, kol, tomat, bawang putih, dan juga ikan salmon. Dengan banyak mengonsumsi makanan untuk menyehatkan mata tersebut maka kemungkinan Anda terkena problem penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan lainnya bisa dikurangi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s