Merawat Gigi Anak Agar Sehat dan Kuat

Cara merawat gigi anak agar sehat dan kuat. Anak-anak merupakan anugerah terindah yang kita miliki senang rasanya melihat mereka tersenyum bahagia. senyum sang buah hati sangatlah menggoda senyum yang mereka pancarkan akan menambah bahagia bagi kita para orang tua. Untuk itulah betapa penting nya merawat gigi anak sang buah hati kita agar tetap sehat dan kuat. Di zaman sekarang banyak sekali iklan yang mengenalkan kita cara merawat gigi anak agar sehat dan kuat, lalu bagaimanakah cara merawat gigi anak agar sehat dan kuat ?

Pembentukan gigi tidak terlepas dari kesehatan seorang anak secara keseluruhan. Apabila anak tersebut mendapatkan cukup gizi dan berbadan sehat, maka gigipun akan ikut sehat, pertumbuhannya dan strukturnya juga baik. Hal ini berbeda dengan anak yang kurang gizi, apalagi sering sakit maka struturnya bisa kurang sempurna.

Nah, apa saja yang perlu dikonsumsi agar gigi anak sehat dan kuat?

– Kalsium

Kalsium merupakan gizi utama baik untuk tulang maupun gigi. Pada usia sekitar dua tahun biasanya anak mulai disapih dari ASI, dan mulai saat inilah berikan buah hati konsumsi yang cukup terhadap kalsium. Kalsium yang tertinggi ada pada kandungan susu. Berikanlah susu formula pada anak anda paling tidak 2x sehari. Selain susu alternatif lain yang dapat digunakan adalah yoghurt dan keju.

– Sayur dan Buah

Sayur dan buah mampu berperan untuk meningkatkan produksi air liur, yang berarti akan memberikan proteksi lebih kepada gigi. Air liur juga berfungsi menetralisir plak, jadi sangat penting bagi buah hati untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Buah yang dapat dikonsumsi bermacam macam, namun utamakanlah buah yang mengandung banyak air seperti apel, pir, melon dan mentimun. HIdangkanah secara rutin sayur dan buah dalam menu keseharian buah hati anda, namun apabila anak anda mulai terlihat bosan dengan buah dan sayur, cobalah buat hidangan buah dan sayur yang lebih kreatif, potonglah buah dengan ukuran dan warna warni yang menarik sehingga anak anda tidak pernah bosan.

– Jangan mengkonsumsi camilan

Konsumsi cokelat atau permen sesekali boleh boleh saja buat anak kita, namun jangan sampai menjadi kebiasaan rutin. Ingat, semua demi kebaikan anak kita sendiri, apabila mengkonsumsinya secara rutin akan sangat berpotensi menimbulkan plak yang nantinya justru akan merusak gigi. Bersikaplah tegas terhadap anak anda perihal konsumsi makanan-makanan manis.

Tahukah anda apabila gigi dari seorang ibu  berlubang, maka akan ada kemungkinan si ibu menularkan kuman terhadap si anak. Penelitian telah membuktikan, bahwa hal  ini bukanlah masalah genetik melainkan infeksi/penularan kuman. apabila anak anda belum mempunyai gigi, maka kuman tidak akan bisa berkembang, namun anda harus berhati-hati apabila anak anda sudah mempunyai gigi, penularan kuman biasanya melalui ciuman. Maka selain menjaga kesehatan gigi anak, penting juga untuk menjaga kesehatan gigi orang tua.

merawat gigi anak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s