manfaat terong belanda bagi kesehatan

manfaat terong belanda bagi kesehatanManfaat terong belanda bagi kesehatan – siapa yang tidak tau terong belanda? Terong belanda sangat terkenal di indonesia karena sudah setiap ibu-ibu rumah tangga memasaknya dan sudah tidak menjadi hal yang aneh. Akan tetapi apa sih manfaat terong belanda bagi kesehatan? Nah, kali ini akan kita bahas sedikit tentang manfaat terong belanda bagi kesehatan

Terung belanda atau terong belanda (Solanum betaceum) adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. Di Indonesia terung ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Terung belanda memiliki ciri-ciri bau seperti lembu kutub, panjang tangkai daunnya mencapai 7–10 cm. Bunga terung belanda berada dalam rangkaian kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah jambu sampai biru muda, harum, berdiameter kira-kira 1 cm.

Ciri lain dari tanaman terung belanda juga dapat dilihat dari bagian-bagian bunga yang berbilangan lima, daun mahkota berbentuk genta, bercuping lima, benang sari 5 utas, berada di depan daun mahkota, kepala sari tersembunyi dalam runjung yang bertentangan dengan putik, bakal buah beruang dua, dengan banyak bakal biji, dan kepala putik yang kecil.[2] Buah terung belanda berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, berukuran 3–10 cm x 3–5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok.[4] Kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuningan, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuningkuningan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Kandungan yang terdapat di dalam Terong Belanda yaitu sebagai berikut.

  1. Air
  2. Lemak
  3. Serat
  4. Protein
  5. Kalsium
  6. Magnesium
  7. Vitamin A
  8. Vitamin C
  9. Energy
  10. Karbohidrat
  11. Zat Besi
  12. Fosfor

manfaat terong belanda bagi kesehatan

Manfaat terong belanda bagi kesehatan :

  1. Dapat menyegarkan tubuh
  2. Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
  3. Mencegah munculnya kanker
  4. sebagai antioksidan
  5. memperbaiki sel DNA yang rusak
  6. menjaga kesehatan mata
  7. menyembuhkan sariawan
  8. meredakan panas dalam
  9. menjaga dan melancarkan proses pencernaan
  10. mengobati panyakit maag
  11. mencegah anemia

Semoga Bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s