Manfaat buah pepino bagi kesehatan

Manfaat buah pepino bagi kesehatanManfaat buah pepino bagi kesehatan – Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencernaan,maag,sembelit dan diabetes melitus. Maka dari hal itu, ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas tentang manfaat buah pepino untuk kesehatan

Dalam buah pepino mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, gula sederhana dan pottasium. Selain khasiat buah pepino untuk kesehatan, buah ini juga rasanya sangat segar (tidak asam atau terlalu manis). Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun, dengan tekstur kulit seperti terong, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun kecil, ada yang menyerupai tetesan air bahkan ada juga yang seperti buah apel, dengan tekstur kulit seperti terung, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Manfaat buah pepino bagi kesehatan :

  1. Kaya akan vitamin C

Buah pepino kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin C pepino 25 mg per 100 gr daging buah dan sangat berguna untuk mencegah sariawan dan memelihara kesehatan gusi, antioksidan alami yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini dan berbagai jenis kanker.

Manfaat buah pepino bagi kesehatan

  1. Mengandung serat pati

Serat pati (dietary fiber) buah pepino sangat baik yaitu 1-1,5 gr per 100 gr. Di saluran pencernaan, serat mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan dikeluarkan bersama feses. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan. Serat juga berguna dalam sistem pencernaan, mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga dikeluarkan sebagai feses. Serat juga mampu mengikat zat karsinogenik (penyebab kanker), transit time yang pendek dapat membuat durasi waktu zat karsinogenik yang bermukin di dalam tubuh juga pendek (sebentar) sehingga kesempatan untuk membahayakan tubuh semakin kecil.

  1. Sumber betakaroten

Pepino terkenal sebagai sumber betakaroten yaitu 26,6 mg per 100 gr daging buahnya. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, yang berguna dalam proses penglihatan, reproduksi dan metabolisme.

Betakaroten merupakan antioksidan yang berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya menstabilkan radikal berinti karbon.

Jenis antioksidan ini juga dikenal sebagai pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru-paru. Betakarogen dapat menjangkau lebih banyak bagian tubuh dalam waktu yang relative lebih lama dibandingkan vitamin A, sehingga memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya sel-sel kanker.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi dalam metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh

  1. Pottassium

Pottassium merupakan mineral penting yang berfungsi untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak dan proses fisiologi penting lainnya. Potassium juga mampu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit pada otot yang diakibatkan karena olahraga atau kegiatan lainnya

itu lah beberapa kandungan dan manfaat buah pepino untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s