Sehat Dengan Konsumsi Paprika

Paprika mungkin sedikit asing di telinga orang Indonesia. Karena memang orang Indonesia suka dengan makanan pedas sedangkan paprika memiliki rasa yang manis. Tapi tahukah kalian, bahwa sebenarnya paprika sangatlah bagus untuk kesehatan. Artikel sehat dengan konsumsi paprika ini akan menjelaskan berbagai khasiat dan kandungan yang dimiliki paprika. Mari kembali sehat dengan konsumsi paprika.

Paprika adalah satu-satunya varietas cabai yang tidak pedas. Cabai ini sangat disenangai oleh bangsa kulit putih dan mereka menamainya sweet pepper. Selain itu, bentuknya yang mirip seperti bel membuat varietas dari Capsicum annum ini disebut bell pepper.

Paprika sangat menyehatkan. Kandungan vitamin C dalam paprika jauh melebihi jeruk. Vitamin C tersebut berupa asam askorbat dan asam dihidroksi askorbat. Dalam 100 gram paprika merah mengandung 84 mg vitamin C. Dengan mengonsumsi 100 gram paprika sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian seorang dewasa dengan aktifitas sedang. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E juga berbagai mineral yang diperlukan tubuh.

Rahasia Yang Terkandung Dibalik Warna-warni Paprika

Warna-warni paprika sangat beragam. Ada yang merah, hijau, kuning, jingga, ungu mda, ungu tua, cokelat, hijau muda mendekati putih, hingga ungu kehitaman. Warna paprika yang bermacam-macam disebabkan oleh pigmen alami yang terkandung dalam paprika itu sendiri. Pigmen tersebut merupakan sumber antosianin, lutein, zeaxanthin, dan beta-chrytoxantin yang berperan sebagai antioksidan.

Kandungan nutrisi dan nirgizi yang dikandung paprika sangat baik untuk menangkal radikal bebas, yangmana bila masuk kedalam tubuh dapat memicu kenaikan kadar gula dan kolesterol yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti diabetes melitus, aterosklirosis, gangguan jantung, hipertensi dan stroke.

Kandungan nirgizi dalam paprika juga dapat memberikan perlindungan tubuh secara optimum terhadap berbagai hal yang menyebabkan disfungsi sel, hingga menyebabkan imunitas tubuh menjadi lemah dan akhirnya mudah sakit.

Si Lonceng Yang Menyehatkan Mata

Kesehatan mata identik dengan vitamin A. Bila kita kekurangan asupan vitamin A maka akan terjadi kerusakan mata yang dipicu paparan radiasi surya yang mengenai mata juga dapat merusak mata. Maka asupan vitamin A sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

Paprika yang mengandung vitamin A dapat menjadi solusi untuk menambah nutrisi bagi mata kita. Ditambah dengan kandungan pigmen kuning, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua pigmen ini memiliki efek perlindungan terhadap lensa mata yang efektifitasnya hampir sama dengan betakaroten. Selain pada paprika lutein dapat ditemukan pada kuning telur dan zeaxanthin terdapat pada berbagai macam buah berwarna kuning.

Tuntaskan Sinus Dengan Rutin Konsumsi Paprika

Sejak dahulu ramuan cabai telah dikenal luas untuk menyembuhkan gangguan pada sinus dengan cara inhalasi seduhan bubuk cabai. Tapi cara ini dapat menyebabkan iritasi hidung yang parah. Bahkan tidak semua orang tahan dengan kepedasan cabai yang menusuk hidung.

Kehadiran paprika dapat menggantikan cabai. Dan menjadi alternatif sebagai obat untuk melegakan hidung yang tersumbat dangan melakukan inhalasi.

Sebuah studi kandungan capsiate dalam paprika dapat menggantikan kandungan capsicanoid dari cabai. Cara kerjanya adalah dengan merangsang keluarnya lendir yang menyumbat hidung, zat aktif dari paprika juga memiliki kandungan antibiotik. Dengan begitu bakteri patogenik yang dapat menyebabkan infeksi saluran napas dapat dikendalikannya.

Itu adalah cara mudah untuk sehat dengan konsumsi paprika. Buah sederhana ini sangat memiliki khasiat yang banyak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s