Tips-tips Renang Untuk Bayi

Bayi berenang ? ya, trend yang sedang booming beberapa tahun terakhir ini. Dimana banyak sekali orang tua mengunggah video memperkenalkan tips-tips renang untuk bayi. Lalu, bagaimanakah tips-tips renang untuk bayi yang benar ?. Beberapa hasil penelitian yang muncul pun menunjukan sejumlah manfaat memperkenalkan aktifitas berenang kepada bayi. Berikut beberapa tips-tips renang untuk bayi yang perlu ayah dan bunda ketahui.

tips-tips renang untuk bayi

Tips mengajari bayi berenang

  1. Mulailah pada usia bayi 4-6 bulan. Dalam usia ini, reflek akuatik (menarik nafas sebelum menyentuh air) belum hilang. Hal ini tentunya dapat melatih koordinasi antara fungsi otak dan otot. Bermain dengan air hangat di bak mandi atau ember menjadi tips bayi berenang yang utama.
  2. Sebagai awalan, latihan dapat dilakukan di dalam kamar mandi lebih dahulu, dengan ukuran bak yang agak besar. Penting untuk diperhatikan yaitu suhu air pada awal belajar sebaiknya hangat sekitar 33oC agar bayi tidak kedinginan.
  3. Cara mengajarkan bayi berenang yaitu memulainya secara bertahap, jangan langsung mengajari bayi berenang, tapi cobalah buat kondisi bayi serileks mungkin. Begitu sudah nyaman dengan kondisi yang sama, dalam posisi terlentang minta bayi untuk melengkungkan punggung. Lalu perlahan-lahan jauhkan tangan anda dari punggung anak dan bersiaplah membantu ketika anak panik atau ketakutan.
  4. Batasi waktunya, ketika anda sudah bermain dengan bayi anda. Ingat, kulit bayi itu sangat rentan dan sensitif, jadi jangan terlalu lama di dalam air. Untuk usia 4-6 bulan maksimal 10 menit saja sudah cukup. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan jika mengajak bayi berenang di kolam, pastikan air di kolam renang hanya mengandung sedikit kaporit dan aliran air harus baik agar nantinya tidak memberi dampak negatif pada kesehatan bayi misal iritasi. Saat mengajak bayi berenang pastikan bayi sudah makan minimal 30 menit sebelum berenang. Dan ajaklah bayi berenang ketika kondisi badannya sehat.

oh ya bayi juga memiliki reflek membuka mata di dalam air loh, jadi bayi anda bisa difoto di dalam air dengan mata yang tetap terbuka.

 

Iklan

Satu respons untuk “Tips-tips Renang Untuk Bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s