Manfaat buah mangga bagi kesehatan

Manfaat buah mangga bagi kesehatanManfaat buah mangga bagi kesehatan – Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10–40 m.

Buah mangga sangat sering kita temukan karena hampir dari kebanyakan keluarga menanam buah mangga di halaman rumahnya. Akan tetapi, apakah kita tau khasiat atau Manfaat buah mangga bagi kesehatan? sangat banyak sekali manfaat nya dan kita akan sedikit mengulas Manfaat buah mangga bagi kesehatan ini.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Manfaat buah mangga bagi kesehatan
kandungan buah mangga

Kandungan buah mangga :
Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh.

  1. Mengandung tinggi serat
    Buah mangga kaya akan serat,  makanan pre-biotik, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid polifenolik.
  2. Melindungi terhadao resiko kanker
    Menurut penelitian baru, buah mangga ditemukan dapat melindungi dari kanker usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat. Beberapa hasil percobaan dalam studi menunjukkan bahwa senyawa antioksidan-polifenol dari buah mangga menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara dan kanker usus besar.
    Sumber Vitamin A dan zat antioksidan yang baik
  3. Buah mangga adalah sumber Vitamin-A dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. 100 g buah mangga segar menyediakan 765 mg atau 25% vitamin A dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin A  diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit yang sehat. mengonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan karotin dikenal dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  4. Sumber kalium yang baik
    Mangga segar merupakan sumber kalium yang baik. 100 buah g buah mangga segar menyediakan 156 mg kalium,  sementara rendah sodium (hanya 2 mg sodium). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
    Sumber vitamin B
  5. Mangga juga merupakan sumber vitamin esensial yang sangat baik yaitu vitamin B6-(pyridoxine), vitamin-C(Asam Askorbat) dan vitamin-E(Tochoperol). Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi tubuh terhadap agen infeksi, serta menangkal radikal bebas. Vitamin B-6 atau pyridoxine diperlukan untuk memproduksi jenis hormon di dalam otak, serta juga berguna untuk mengontrol tingkat homocystiene dalam darah. Homocystiene yaitu zat yang mungkin bisa merusak pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.
  6. Mengandung mineral tembaga
    Mangga juga menyediakan mineral tembaga dengan jumlah moderat. Tembaga adalah co-faktor bagi banyak enzim penting dalam tubuh, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase (mineral lainnya yang berfungsi sebagai co-faktor untuk enzim ini adalah mangan dan seng). Tembaga juga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.
    Selain itu, kulit mangga juga kaya akan fitonutrien, seperti pigmen antioksidan seperti karotenoid dan polifenol.
Manfaat buah mangga bagi kesehatan
Manfaat buah mangga bagi kesehatan

Berikut Manfaat buah mangga bagi kesehatan :

  1. Menstabilkan dan menurunkan kolesterol – Apakah anda sering memiliki masalah dengan kolesterol yang berada dalam tubuh anda? Jika benar, jangan terlalu lama dibiarkan. Kolesterol yang mengendap di dalam tubuh manusia bisa menyebabkan penyakit berbahaya jika terlalu lama dibiarkan. Dengan memakan mangga, anda juga bisa menjaga kolesterol dalam tubuh anda. Ini karena mangga mengandung vitamin C, pektin dan beberapa serat yang bisa menurunkan dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.
  2. Memperlambat Perkembangan Sel-Sel Kanker Dalam Tubuh
    Manfaat mangga bagi kesehatan lainnya adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Seperti kita ketahui, kanker termasuk penyakit yang paling ditakuti umat manusia karena sifatnya yang mematikan. Akan tetapi, dengan rajin mengkonsumsi buah mangga maka Anda akan terjaga dari segala jenis kanker seperti kanker prostat, usus besar dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan mangga memiliki kandungan senyawa yang sangat baik bagi tubuh seperti asam galay, fisetin, methilgallat, isoquercitrin, quercetin dan astragalin.
  3. Menjaga kesehatan Saluran Pencernaan
    Manfaat buah mangga bagi kesehatan berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan saluran cerna dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui, pencernaan merupakan organ terpenting bagi tubuh sebagai salah satu media metabolisme tubuh. Sementara, mangga sendiri memiliki kandungan yang tinggi akan serat alami yang bisa menjaga fungsi cerna dan melancarkan saluran pencernaan tubuh secara alami.
  4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Tak perlu membeli multivitamin yang dijual di apotek-apotek atau pasar untuk menjaga ketahanan tubuh Anda. Karena Anda cukup mengkonsumsi buah mangga, karena manfaat buah mangga bagi kesehatan salah satunya adalah bisa menjaga daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit. Buah mangga memiliki kandungan karotenoid, vitamin A dan C yang sangat penting untuk tubuh.
  5. Menjaga Kesehatan Mata
    Buah mangga juga ternyata sangat baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan seseorang. Anda bisa menggantikan wortel untuk meningkatkan kesehatan mata dengan mengkonsumsi buah mangga, karena mangga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda.

semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s