Manfaat buah melon bagi kesehatan

Manfaat buah melon bagi kesehatan
Manfaat buah melon bagi kesehatan

Manfaat buah melon bagi kesehatan – Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Memakan buah-buahan sangat banyak manfaat nya. Tidak terkecuali buah melon, buah melonpun sangat banyak khasiat dan manfaatnya. Maka dari itu kita akan sedikit mengulas Manfaat buah melon bagi kesehatan.

Kandungan buah melon :

Buah melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi, di mana vitamin C fungsinya cukup vital di dalam tubuh. Vitamin yang bersifat antioksidan ini bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda terutama untuk menangkal radikal bebas. Bukan hanya vitamin C, tetapi melon juga mengandung vitamin A. Manfaat vitamin A sendiri adalah untuk menjaga kesehehatan beberapa organ tubuh seperti mata, kulit, tulang, gigi, dan selaput lendir. Selain itu kandungan kalium dan likopennya pun ternyata cukup efektif untuk mencegah beberapa jenis penyakit berbahaya. Kalium bisa menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Sedangkan likopen bisa mencegah dan meminimalisir risiko penyakit kanker dan serangan jantung.

Manfaat buah melon bagi kesehatan
Manfaat buah melon bagi kesehatan

Manfaat buah melon bagi kesehatan :

  1. Bagus untuk Diet

Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut yang buncit.

  1. Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

  1. Mencegah Stroke

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan bahwa di dalam buah melon mengandung kalium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Maka dari itu buah melon bisa menjauhkan Anda dari risiko stroke. Apalagi melon juga merupakan buah yang sangat rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun termasuk orang yang sedang diet. Dan buah melon juga bisa mengurangi dan mencegah penyakit serius lain seperti diabetes.

  1. Mencegah Diabetes

Selain bisa mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, khasiat buah melon yang lainnya adalah bisa mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan melon mengandung gula alami dan juga air yang tentunya bisa mencegah risiko penyakit diabetes. Maka dari itu bagi Anda yang hobi mengonsumsi makanan manis atau yang makanan berlemak, sebaiknya imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s