Makanan Untuk Penderita Penyakit Typus

Makanan untuk penderita penyakit typus, ketika seseorang sudah terkena penyakit typus maka banyak sekali pantangan nya terutama dalam hal makanan, banyak sekali makanan yang tidak boleh di makan oleh penderita penyakit typus, lalu manakah makanan untuk penderita penyakit typus yang di bolehkan ?

Penyakit typhoid atau typus sudah ada sejak beratus-ratus tahun lalu. Penyebab penyakit typus ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella thypti. Bakteri ini menyerang usus sehingga usus ini terinfeksi. Cara masuk dari bakteri ini adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi mengandung bakteri tersebut. berikut makanan untuk penderita penyakit typus yang perlu kita tahu.

Makanan untuk penderita penyakit typus yang baik adalah :

makanan untuk penderita penyakit typus

Makanan Tinggi Protein

Berikut ini beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tifus :

Daging ayam rebus – Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Apabila digabungkan dengan jenis makanan lain, maka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus. Bagian dada ayam juga sering dijadikan makanan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi.

Hati ayam – Hati ayam, selain lunak dan mudah dicerna juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pasien penderita tifus.

Ikan rebus – Ikan rebus atau ikan yang di tim akan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk pemenuhan kebutuhan energi dan juga jenis ikan salmon banyak dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan.

Kacang kedelai – Seperti diketahui, kacang kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan baik untuk tubuh. Kacang kedelai rebus, bisa dikonsumsi sebagai tambahan protein bagi penderita tifus.

Tahu – Sebagai bahan olahan dari kacang kedelai, sudah tentu tahu memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik bagi penderita tifus. Selain itu, tahu memiliki tekstur yang sangat lembut, yang akan membuat penderita tifus mudah mencernanya.

Margarin – Margarin memiliki sedikit kandungan protein dan lemak. Lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh penderita tifus untuk menambah energi tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar penggunaannya tidak berlebihan.

Makanan Rendah Serat

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tifus adalah jenis makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Beberapa jenis sayur dan buah memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yang ternyata tidak boleh diberikan kepada penderita tifus

Ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang rendah, apabila masih ingin tetap mengkonsumsi jenis sayur-sayuran. Jenis-jenis makanan rendah serat tersebut : Kacang Panjang, Buncis Muda, Labu Ssiam, Pepaya, Pisang, Alpukat, Wortel.

Makanan yang Lunak

Para penderita tifus hendak mengkonsumsi makanan dengan kadar serat yang rendah, sehingga mereka membutuhkan jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna, namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi bagi penderita tifus. Contoh makanan-makanan tersebut antara kain :

Bubur – Bubur yang dimasak menggunakan kaldu ayam memiliki sumber karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus.

Nasi Tim Ayam –Makanan ini memiliki tekstur nasi yang lebih lembek daripada nasi putih biasa dan memiliki kandungan protein yang terkandung pada daging ayam tersebut. Makanan ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein dari pasien penderita tifus.

Kentang Tumbuk – Kentang tumbuk atau bisa juga kentang rebus dapat menjadi alternatif bagi penderita tifus dan juga makanan bagi penderita diabetes. Dengan teksturnya yang lembek dan mudah dicerna, serta kandungan nutrisinya yang baik, maka penderita tifus bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan ini.

Roti Bakar – Roti bakar dapat dioles dengan mentega untuk menambah kadar karbohidrat dan lemak sebagai tambahan sumber tenaga bagi pasien penderita tifus.

Puding – Puding memiliki tekstur yang lembut, serta mudah dicerna. Selain itu puding juga terdiri dari beberapa bahan-bahan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan gula pada puding, juga bisa menjadi sumber tenaga bagi pasien tifus.

Pisang – Pisang memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu teksturnya yang lunak juga dapat memudahkan penderita tifus.

Alpukat – Sama seperti buah pisang, alpukat juga sangat berguna dan bermanfaat bagi penderita tifus.

Makanan yang Tidak Bersifat Asam dan Pedas

Selain itu, penderita tifus tidak boleh mengkonsumsi makanan yang bersifat terlalu asam dan terlalu pedas, karena bahaya makanan pedas, tidak baik bagi pencernaan. Kombinasikan beberapa bahan makanan yang dimiliki untuk membuat berbagai menu makanan yang ramah dan dapat dikonsumsi oleh penderita tifus.

Itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita tifus. Satu lagi hal yang penting adalah bahwa penderita tifus haruslah sering minum air putih secara teratur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s