Cara Agar Anak Tak Mudah Sakit

Sebagai orangtua tentunya kita ingin tau cara agar anak tak mudah sakit dan sebagai orangtua tentunya kita ingin anak-anak kita selalu sehat dan bahagia. Namun banyak virus di luar sana yang selalu mengintai anak-anak kita. Untuk itu, berikut cara agar anak tak mudah sakit, khususnya saat musim pancaroba seperti saat ini:

Cara agar anak  tak mudah sakit :

  1. Pastikan Anak Sudah Pernah di Imunisasi Polio

Vaksin imunisasi atau suntik polio adalah hal yang wajib diberikan kepada anak karena ini adalah suatu faktor utama untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang akan meyerang anak.

  1. Nutrisi dan Gizi Terpenuhi

Pastikan anak mendapat asupan nutrisi dan gizi agar tubuh sehat dan tidak kekurangan vitamin. Seperti sayuran,buah-buahan, dan susu.

  1. Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah adalah istana bagi setiap keluarga karena 70% aktivitas kita lakukan dirumah,tentu saja kita harus membersihkan rumah agar kuman tidak meyebar kemana-mana. Terutama pada lantai dan peralatan lainnya yang disering disentuh.

  1. Istirahat Yang Cukup

Tidur adalah istirahat yang sangat bagus dan penting bagi tubuh,pastikan anak tidur lebih cepat dari orang tua. Anak butuh tidur 11 s/d 13 jam perharinya. Jadi kita harus mengawasi dan membiasakan anak untuk tidur secara rutin.

  1. Memberikan Anak Vitamin

Usia anak adalah perkembangan emas yang harus kita jaga selain makanan dan minuman yang sehat tambahan vitamin juga perlu untuk melindungi kesehatanya dimasa perkembangan dini.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebanyakan anak tidak memperhatikan kebersihan tubuhnya tentu saja sebagai orang tua kita harus selalu membersihkan dan mengajarkan pada anak cara mandi dan membersihkan tubuh yang benar. Setidaknya minimal dua kali sehari.

  1. Mengajarkan Olahraga

Anak selalu mengikuti kebiasaan orang tua untuk itu kita harus membiasakannya sejak dini agar untuk bisa berolahraga dipagi hari.

  1. Biasakan Mencuci Tangan

Tangan merupakan sumber dari penyakit apalagi bagi anak,lebih dari 10 ribu jenis kuman ada ditangan anak,karena meraka lebih banyak menyentuh dari kita. Pastikan tangan pada anak sering dicuci menggunakan sabun antiseptik,karena anak sering menyentuh hidung dan mulutnya sesekali.

  1. Jangan Melindungi Terus?

Melindungi anak memang hal wajib bagi orang tua,namun perlu anda ketahui saat anak bermain misalnya di tanah,rumput,air dan tempat berkuman lainnya,tubuhnya akan beradaptasi terhadap jenis kuman. Hal ini akan menghasilkan antibodi terhadap jenis kuman baru yang menyentuh tubuh si anak. Untuk itu biarkan sesekali anak bermain,karena berani kotor itu baik.

Demikianlah tindakan kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Memang tidak mudah untuk menjaga kesehatan anak kita tapi sebagai orang tua yang baik dan peduli tentu saja mencegah lebih baik dari pada mengobati.

cara agar anak tak mudah sakit

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s