Manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan – jeruk sudah sangat gampang sekali kita temukan dipasaran karena sangat mudah untuk mengembang biakannya atau menanamnya. Akan teteapi apakah kita mengetahui Manfaat buah jeruk bagi kesehatan? Mari kita bahas sedikit tentang jeruk dan juga beberapa Manfaat buah jeruk bagi kesehatan.

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan
Manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Sebutan “jeruk” kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan “jeruk” atau “limau” (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti “jeruk keprok” atau “jeruk manis”. Di Jawa, “limau” (atau “limo”) berarti “jeruk nipis”.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

 

Kandungan buah jeruk : 

Buah jeruk mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, serat, kalium, fruktosa, limonoid, Polyphonel, Karetonoid, Flavonoid, Beta karotin, gula, dan karbohidrat.

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan
Manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Berikut manfaat buah jeruk bagi kesehatan :

  1. mencegah penyakit kanker

seperti kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.

  1. Menurunkan kadar kolersterol yang tinggi

maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan, buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. kedua zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan tekanan darah yang tinggi

Maka mengkonsumsi buah jeruk juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung Hesperidin dan magnesium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi anda.

  1. Mengobati radang sendi atau kekakuan pada otot

Maka mengkonsumsi buah jeruk merupakan alternatif yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan buah jeruk terbukti dapat mengurangi radang pada sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda.

  1. Membantu perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak anda.
  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Ini dikarenakan buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.
  3. mengandung zat antioksidan.

Fungsi antioksidan yaitu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas Sehingga anda akan tampak lebih awet muda.dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s