Manfaat madu bagi kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan – Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas tentang Manfaat madu bagi kesehatan dan juga kandungan yang terdapat dalam madu.

Manfaat madu bagi kesehatan
Manfaat madu bagi kesehatan

Kandungan madu :

Karbohidrat – 82,4 gm

Gula – 82.12 gm

Serat pangan – 0,2 gm

Protein – 0,3 gm

Air – 17.10 gm

Riboflavin ( vitamin B2 ) – 0,038 mg

Niacin ( vitamin B3) – 0,121 mg

Kalsium – 6 mg

Besi – 0,42 mg

Asam pantotenat ( vitamin B5 ) – 0.068 mg

Vitamin B6 – 0.024 mg

Folat ( Vitamin B9 ) – 2 ug

Vitamin C – 0,5 mg

Magnesium – 2 mg

Fosfor – 4 mg

Kalium – 52 mg

Sodium – 4 mg

Seng – 0,22 mg

Energi – 300 kkal ( 1.270 kJ )

Manfaat madu bagi kesehatan
Manfaat madu bagi kesehatan

Berikut Manfaat madu bagi kesehatan :

  1. Atasi batuk dan dingin

Madu memiliki efek penyembuhan akibat infeksi dingin dan air hangat mengobati sakit tenggorokan Anda. Madu dengan air hangat juga membantu membawa keluar dahak yang menumpuk.

  1. Menurunkan berat badaManfaat madu bagi kesehatann

Kombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karenanya, minumlah segelas ramuan ini setiap pagi agar Anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

  1. Gerakan usus

Minumun campuran madu dengan air hangat bisa membantu untuk menjaga pergerakan usus secara teratur. Selain itu saat pergerakan usus sangat halus, secara tak langsung ia membantu membersihkan usus besar dari toksin.

  1. Meningkatkan energi tubuh

Madu memberi Anda energi tetapi tak membuat Anda gemuk. Karena itu, idealnya Anda harus meminum minuman sehat ini setiap pagi.

  1. Kesehatan Kulit

Madu memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-jamur. Itu sebabnya, minuman ini membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat. Selain itu, meminum campuran madu dan air hangat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sempurna. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengingkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah meningkatkan kekebalan terhadap batuk dan dingin. Tak sebatas itu, minuman ini membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Madu dan air hangat merupakan penguat untuk sistem metabolisme Anda. Makanan Anda akan dicerna dan diserap dengan cepat jika Anda meminum minuman sehat ini. Alhasil, Anda memiliki selera makan yang baik dan juga menurunkan berat badan.

  1. Mencegah dehidrasi

Campuran air hangat dan madu bisa membantu untuk menambah cairan dalam tubuh Anda. Sehingga Anda tetap terhidrasi dan energik sepanjang hari.

  1. Baik untuk pencernaan

Madu memiliki enzim yang dapat membantu Anda mencerna makanan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan maka Anda harus meminum madu dengan air hangat setelah makan makanan inti.

semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s