Mengenal Lebih Sekolah Alam

Sekolah adalah faktor penting dalam kehidupan. Banyak sekali macam-macam sekolah. Di dalamnya ditawarkan berbagai pelayanan yang berbeda sesuai tema yang diusung sekolah tersebut. Diantaranya ada sekolah alam. Selama ini kita sering mendengar sekolah negeri atau sekolah swasta, tapi sangat jarang mendengar kata sekolah alam bahkan tidak pernah. Maka dalam artikel mengenal lebih sekolah alam akan dijelaskan secara komperhensif tentang sekolah alam. Agar kita dapat mengenal lebih sekolah alam.

Apa itu sekolah alam?

Sekolah Alam adalah sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Lendo Novo berdasarkan keprihatinannya akan biaya pendidikan yang semakin tidak terjangkau oleh masyarakat. Ide membangun sekolah alam adalah agar bisa membuat sekolah dengan kualitas sangat tinggi tapi murah. Itu dilakukan karena sebagian besar rakyat Indonesia miskin.

Paradigma umum dalam dunia pendidikan adalah sekolah berkualitas selalu mahal. Yang menjadikan sekolah itu mahal karena infrastrukturnya, seperti bangunannya, kolam renang, lapangan olahraga, dan lain-lain. Sedangkan yang membuat sekolah itu berkualitas bukan infrastruktur. Kontribusi infrastruktur terhadap kualitas pendidikan tidak lebih dari 10%. Sedangkan 90% kontribusi kualitas pendidikan berasal dari kualitas guru, metode belajar yang tepat, dan buku sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Ketiga variabel yang menjadi kualitas pendidikan ini sebetulnya sangat murah, asalkan ada guru yang mempunyai idealisme tinggi. Dari situ Lendo mencoba mengembangkan konsep-konsep sekolah alam.

Sistem apa yang diusung sekolah alam?

Sekolah alam pada dasarnya adalah bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam semesta sebagai tempat belajar, bahan mengajar dan juga sebagai objek pembelajaran. Dengan konsep pendidikan ini para siswa diharapkan bisa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari.

Bangunan tempat anak belajar di sekolah alam biasanya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti bambu dan kayu lokal. Para siswa biasanya duduk di lantai (lesehan) atau duduk di kursi yang terbuat dari bambu atau kayu. Jalan setapak di sekitar tempat belajar pun biasanya menggunakan batu-batu kali dari alam

Secara kasat mata memang tidak terlalu berbeda dengan sekolah umum lainnya. Tapi sekolah alam juga mendidik mental anak bukan hanya akademisinya saja. Mereka dapat lebih melek dengan alam dan lebih menyayangi alam.

Apa kelebihan bagi anak bersekolah di sekolah alam?

Terdapat beberapa keuntungan dari menyekolahkan anak di sekolah alam:

  • Anak tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung pengetahuan yang dipelajari.
  • Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan murid mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan.
  • Ruang kelas terbuka atau tidak mengungkung anak di dalam 4 sisi dinding.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s