Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Salah satu permasalahan umum yang terjadi pada muka adalah jerawat, banyak cara untuk menghilangkan jerawat tersebut mulai dari obat-obatan dokter hingga cara alami. Berikut beberapa cara alami menghilangkan jerawat yang perlu kita ketahui.

cara alami menghilangkan jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat :

Kayu manis dan Madu

Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.

Cara pemakaian : Bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu keringkan. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

Madu dan Susu/Yogurt

Susu dan yogurt memiliki khasiat yang bagus untuk kulit bahkan rahasia kecantikan ratu cleopatra adalah sering mandi menggunakan susu.

Cara pemakaian : Campur 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, oleskan berkali-kali hingga menebal kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air bersih.

Pasta Kulit Jeruk

Vitamin C pada kulit jeruk memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat, selain itu kulit jeruk juga memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.

Cara pemakaian : Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau flek hitam bekas jerawat.

Cara pemakaian : Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

Pepaya

Pepaya juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus.

Cara pemakaian : Sediakan 1 buah pepaya kemudian tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan air secara merata. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Jus lemon

Lemo mengandung vitamin c dan asam nitrat yang berfungsi untuk mengobati jerawat serta membantu pengelupasan kulit.

Cara pemakaian : Siapkan jus lemon kemudian oleskan pada wajah menggunakan kapas. Jika terasa perih anda dapat menambahkan sedikit yogurt kedalam jus tersebut. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih hingga bersih.

Mandi Uap

Uap memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia salah satunya dapat mengobati jerawat. Caranya : Rebus air hingga mendidih kemudian tuangkan kedalam mangkuk atau wadah besar. Biarkan sesaat sampai suhu air menurun sedikit atau kira-kira sudah tak terlalu panas lagi. Dan posisikan wajah anda diatas mangkuk tersebut serta taruhlah handuk diatas kepala anda. Biarkan uap air panas tersebut membasahi wajah anda sekitar 10-15 menit dan bersihkan air pada wajah sesudahnya menggunakan handuk tadi. Jika dilakukan secara rutin dapat menyembuhkan jerawat.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang sangat ampuh dalam melawan jerawat.

Cara pemakaian : Ekstrak bawang putih kemudian campur dengan 1 sendok teh air tawar. Gunakan kapas untuk mengolaskannya pada seluruh permukaan wajah. Diamkan sesaat hingga mengering dan bilas setelahnya.

Alpukat dan Madu

Banyak yang beranggapa bahwa buah alpukat dapat menyebabkan jerawat namun sampai saat ini belum terbukti apakah itu benar atau tidak. Akan tetapi kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah alpukat ini ternyata baik untuk menyembuhkan jerawat. Ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.

Cara pemakaian : Campurkan buah alpukat dengan madu hingga berbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diakan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

Di atas adalah beberapa cara alami menghilangkan jerawat dengan mudah dan apabila dilakukan secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s