Manfaat buah nanas bagi kesehatan

manfaat buah nanas bagi kesehatanManfaat buah nanas bagi kesehatan – Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama ‘nanas’ berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama. Namun apakah kita mengetahui Manfaat buah nanas bagi kesehatan? mari kita sedikit mengulas tentang Manfaat buah nanas bagi kesehatan

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap ‘sisik’ pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung—bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu ‘buah’ besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian ‘mahkota’ buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetative, nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan
Manfaat buah nanas bagi kesehatan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan :

  1. Nanas mengandung separuh dari kadar asupan harian vitamin C

Vitamin Cmerupakan salah satu antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Dengan memenuhi separuh dari kadar asupan harian yang direkomendasikan bagi tubuh, vitamin C dapat menjadi nutrisi pelindung tubuh dari penyakit jantung dan sakit pada persendian.

  1. Untuk kekuatan tulang

Buah nanas memiliki nutrisi baik bagi tulang yang seringkali tidak disadari keberadaannya. Di dalam buah nanas, terdapat sekitar 75% dari total rekomendasi asupan harian mineral mangan, yang penting untuk memperkuat tulang serta jaringan-jaringannya.

Konsumsi mangan yang teratur dapat mencegah timbulnya kondisi osteoporosis pada wanita yang baru saja memasuki masa menopause.

  1. Untuk kesehatan mata

Buah nanas memiliki kandungan yang dapat mengurangi risiko terjadinya macular degeneration, penyakit mata yang mempengaruhi mata seseorang seiring dengan pertambahan usia.

Hal inidisebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C dan anti oksidan dalam buah nanas.

  1. Untuk kesehatan pencernaan

Sama seperti buah dan sayuran pada umumnya, buah nanas juga mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan usus-usus dalam pencernaan.

  1. Buah anti radang

Di dalam nanas, terdapat kombinasi enzim bromelain bersama dengan kandungan enzim proteolytic penting lainnya, yang dapat bekerja mengurangi peradangan dalam tubuh penyebab kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

  1. Membantu mengobati flu dan peradangan sinus

Karena di dalam buah nanas terdapat kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang tinggi, dapat terjadi pengurangan lendir yang signifikan pada tenggorokan dan hidung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s