Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan

Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan
Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan

Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan –  Sawo manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo (Ind., Jw.), sauh atau sauh manila, atau ciku (Mly.).

Nama-namanya dalam berbagai bahasa: tsiko (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa pô chê atau hồng xiêm (Vietnam), rata-mi (Sri Lanka), lamoot (ละมุด) di Thailand, Laos dan Kamboja, níspero (Venezuela), sugardilly (Kep. Bahama), naseberry (Hindia Barat), sapote (Nicaragua), sapoti (Brasil), sapotillier (bahasa Perancis) dan sapodilla (bahasa Inggris). Namun apakah kita mengetahui Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan? mari kita sedikit mengulas tentang Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan

Sawo manila merupakan buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Wilayah ini adalah produsen dan sekaligus konsumen utama buah ini di dunia. Sawo disukai terutama karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut.

Kebanyakan buah sawo manila dimakan dalam keadaan segar sebagai buah meja. Akan tetapi sawo dapat pula diolah menjadi serbat (sherbet), dicampurkan ke dalam es krim, atau dijadikan selai. Sari buah sawo dapat dipekatkan menjadi sirup, atau difermentasi menjadi anggur atau cuka. Getahnya dapat dijadikan lem ataupun pernis.

Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan
Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan

Berikut beberapa Manfaat buah sawo manila bagi kesehatan :

  1. Mencukupi Nutrisi Organ Penglihatan. Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam buah sawo berperan dalam menutrisi mata. Sehingga organ mata akan selalu terjaga kesehatannya setiap waktu.
  2. Penangkal Kanker Yang Efektif Dan Alami. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif mencegah kanker paru-paru serta kanker pada rongga mulut.
  3. Menutrisi Dan Menguatkan Tulang Anda. Buah sawo merupakan sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga dan membuat tulang tetap sehat seiring usia yang terus bertambah.
  4. Pencegah Sembelit Yang Cukup Ampuh. Ini dikarenakan, buah sawo merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga, buah sawo sangat efektif melancarkan buang air besar atau pencegahan sembelit yang sangat baik.
  5. Menangkal Anemia Dengan Efektif. Ini dikarenakan, buah sawo mengandung folat dan zat besi yang mana kedua nutrisi tersebut dapat mencegah gejala anemia.
  6. Menutrisi Kulit Agar Tetap Sehat. Buah sawo memiliki kandungan vitamin A, C serta vitamin E. Ketiga nutrisi itulah yang dapat menyehatkan kulit serta membuat seseorang tampak lebih awet muda.
  7. Pencegah Batuk Yang Cukup Efektif. Ini dikarenakan, buah sawo akan membantu menghilangkan dahak serta lendir pada rongga hidung beserta saluran pernafasan anda.

semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s