Tips Memilih Teman Yang Baik Di Sekolah

Pergaulan merupakan hal penting yang harus diperhatikan para orang tua. Karena bila anak salah memilih pergaulan maka akan berdampak buruk pada perkembangan anak itu sendiri. Memungkinkannya untuk berkembang ke arah yang negatif. Oleh sebab itu, para orang tua hendaknya memantau pergaulan anak-anak mereka. Di artikel ini, akan dipaparkan tips-tips memilih teman yang baik di sekolah. Dengan membaca artikel tips-tips memilih teman yang baik di sekolah diharapkan para orang tua dan juga anak-anak dapat bijak dalam memilih teman. Agar tidak terjerumus dalam pergaulan negatif.

Pergaulan identik dengan kebersamaan dan kesetiaan. Maka tidak jarang apabila ada seorang anak yang bukan perokok akan berjuang belajar merokok hanya agar dapat diterima oleh temannya. Ini merupakan contoh pergaulan yang tidak benar. Karena memaksa seseorang untuk melakukan hal yang sebenarnya ia tidak sukai. Dan biasanya setiap anak juga ingin menjadi populer di kalangan teman-temannya, inilah yang menyebabkannya akan melakukan apapun hanya demi kepopuleran. Bahkan tidak jarang melalui hal-hal negatif.

Walau demikian bukan berarti anak tidak boleh bergaul. Boleh saja namun harus dikontrol dan diarahkan, agar tidak tersesat. Maka anda para orang tua dan anak dapat membaca artikel tips-tips memilih teman yang baik di sekolah agar dapat lebih bijak dalam memilih teman.

Berikut ulasan tips-tips memilih teman yang baik di sekolah:

  • Memilih teman yang mau menerima apa adanya

Seorang teman yang baik akan menerima Anda apa adanya, bukan ada apanya. Apapun kondisi Anda dan keluarga Anda, seorang teman yang baik tidak akan mempermasalahkan status Anda. Karakter demikian susah-susah gampang untuk dijumpai pada setiap orang. Jadi, jika Anda memiliki rekan yang memiliki karakter demikian, maka Anda patut bersyukur.

  • Tidak suka menggunakan kata-kata kasar

Ciri-ciri seorang teman yang baik, adalah dari tutur bahasanya. Kenalilah dengan baik teman-teman Anda dari tutur bahasanya, jika Anda memiliki teman yang sering mengumpat, atau menggunakan kata-kata kotor, sebaiknya Anda menghindar untuk berkawan dengannya, supaya Anda tidak terpengaruh olehnya.

  • Memilih teman yang jujur

Dimana-mana kejujuran adalah suatu kewajiban, termasuk dalam pertemanan. Kejujuran seseorang tidak dapat dinilai dengan apapun. Oleh karena itu, tidak hanya bagi diri Anda pribadi, seorang teman juga wajib memiliki kejujuran yang baik.

  • Memilih teman dengan latar belakang keluarga yang baik

Tidak semua anak yang berasal dari latar belakang keluarga yang tidak baik akan tumbuh menjadi orang yang tida baik pula. Namun, umumnya latar belakang keluarga berpengaruh besar dalam perkembangan kepribadian diri seseorang. Kenalilah latar belakang keluarganya, bukan latar belakang ekonominya, ketika Anda memutuskan berkawan dengannya.

  • Setia

Hendaknya Anda menjaga kesetiaan teman Anda dan Anda wajib harus menjaga kepercayaan dirinya terhadap Anda. Ketika Anda memiliki teman yang setia, jangan pernah sesekali memanfaatkan kesetiaannya, hargailah kesetiaan dirinya, siapa tahu suatu hari nanti Anda sangat membutuhkan bantuan darinya.

Hubungan antar anak dengan orang tua juga menjadi faktor penting abgi tumbuh kembang anak. Karena bila hubungan ini tidak berjalan dengan baik, maka pelarian anak adalah mencari teman. Hal ini tidaklah buruk apabila ia mendapat teman yang baik, tapi apabila ia mendapat teman yang buruk maka memungkinkan untuk menjeratnya ke dalam pergaulan yang lebih buruk lagi. Karena itu, orang tua harus mengenal anaknya dan sering memberi nasihat (bukan memarahi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s