Makanan Penambah Darah Yang Sehat

Makanan penambah darah yang sehat. Darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh. Oleh karena itu, kadar darah dalam tubuh harus tetap seimbang. Hal ini karena apabila kadar darah terlalu banyak, dapat menyebabkan penyakit darah tinggi dan juga tidak boleh terlalu sedikit karena akan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti anemia. Sel darah merah atau hemoglobin berperan penting untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan darah yang mengangkut zat makanan dan oksigen. Apabila kekurangan darah, dapat menimbulkan penyakit anemia yang gejala awalnya seperti lesu, lemah, dan lelah.

Apabila kekurangan hemoglobin, alangkah baiknya untuk tidak terburu-buru mengkonsumsi suplemen penambah darah. Untuk langkah awal mengatasi kurang darah tersebut, Anda dapat memilih cara alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk menambah darah. Berikut makanan penambah darah yang sehat.

makanan penambah darah yang sehat

Makanan penambah darah yang sehat :

Makanan yang kaya akan Zat Besi Bagi orang yang sehat.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat mencegah anemia dan membantu menjaga seluruh sel tubuh terpenuhi kebutuhan oksigennya. Sedangkan untuk orang yang kekurangan darah, khususnya pada anemia defisiensi besi, akan berperan sebagai penambah darah sehingga dapat mengatasi anemianya. Sumber makanan penambah darah yang kaya zat besi ini antara lain daging merah (daging sapi, kambing, kerbau), daging organ seperti ginjal dan hati, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, kismis kering dan kuning telur.

Makanan yang kaya akan Asam Folat Asam.

 Folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9, merupakan vitamin B kompleks yang membantu tubuh membuat sel-sel darah merah baru. Sehingga kekurangan asam folat dapat menyebabkan Anemia. Sehingga mereka memerlukan makanan penambah darah yang kaya akan asam folat seperti roti dan sereal yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam, kacang kering, kacang polong dan kacang-kacangan.

Makanan yang kaya akan Vitamin B12 Vitamin B-12

Merupakan vitamin B-kompleks yang berperan penting dalam sintesis DNA dan produksi sel darah merah di sumsum tulang. Kekurangan Vitamin B-12 menyebabkan kurang darah atau disebut sebagai Anemia megaloblastik. Pasien dengan Anemian megaloblastik sel darah merahnya besar-besar (belum matang) dan tidak dapat menyimpan atau mengangkut oksigen ke jaringan. Oleh karena itu mereka membutuhkan sumber makanan penambah darah yang kaya akan Vitamin B-12 seperti hati sapi, ikan, daging merah, telur, susu, produk susu, sereal dan produk makanan yang diperkaya. Makanan yang Berprotein Tinggi Secara umum sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan protein sebagai bahan baku untuk produksinya, termasuk sel-sel darah merah kita. Oleh karena itu, Untuk membantu menambah darah seseorang juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur, daging, ikan, kacang-kacangan.

Perlu Anda tahu, keberhasilan seseorang dalam mengobati anemia atau kurang darah yaitu dengan mengetahui jenis anemia yang dialaminya, mengobati penyakit yang mendasarinya (jika ada), baru kemudian mengonsumsi makanan penambah darah seperti telah disebutkan di atas. Sekian, semoga berhasil.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s