Kumpulan Perlombaan Untuk Anak

Hore.!!! Tak terasa sekarang sudah memasuki bulan agustus dan sebentar lagi akan memasuki momen-momen hari kemerdekaan indonesia. Itu artinya akan banyak sekali acara yang terkait dengan perayaan hari kemerdekaan yang bertepatan pada tanggal 17 agustus 1945, seperti halnya syukuran, peringatan detik-detik proklamasi upacara bendera, serta aneka perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Untuk kategori lomba 17an biasa terbagi dari kumpulan perlombaan untuk anak, dewasa, dan orang tua. Berikut beberapa kumpulan perlombaan untuk anak yang seru lucu dan unik.

Kumpulan perlombaan untuk anak yang seru dan lucu.

Lomba kelereng

Lomba yang pada umumnya diperuntukkan untuk anak-anak ini merupakan lomba yang sangat klasik akan tetapi tetap unik dan menarik. Lomba kelereng hanya membutuhkan dua alat yakni sendok dan kelereng. Aturan main lomba klereng yaitu dengan cara meletakkan kelereng di atas daun sendok, kemudian peserta lomba menggigit pangkal batang sendok. Setelah posisi gigitan benar-benar mapan, maka wasit perlombaan ini akan meniup peluitnya sebagai tanda lomba membawa kelereng dengan menggunakan sendok dimulai, saat itu para peserta lomba pun segera berjalan dengan penuh hati-hati. Mereka berusaha agar sendok yang digigitnya tidak terlepas dari mulutnya dan kelerengnya tidak jatuh.

Lomba makan krupuk

Lomba makan krupuk juga merupkan lomba untuk anak-anak yang sudak klasik, tapi tidak kalah unik menarik dengan jenis lomba lainnya. Pealatan lomba makan krupuk yakni tali dan krupuk. Aturan lomba makan krupuk cukup sederhana yakni hanya cepat-cepatan menghabiskan krupuk atau banyak-banyakkan menghabiskan bagian krupuk yang digantung oleh panitia lomba dengan tangan terikat dan adanya batasan waktu dari panitia.

Lomba tampok air

Lomba tampok air cukup digemari oleh anak-anak. Untuk mengadakan lomba ini diperlukan alat seperti: plastik ukuran 1 kg, air ( bisa dikasih pewarna agar lebih menarik ), tali, papan gantungan ( bambu, tali, atau yang lain ). Caranya cukup mudah yakni hanya berjalan/berlari menuju ke area papan tampok air, kemudian menampok air dengan kondisi mata ditutup dengan kain. Di mana sebelumnya, panitia lomba untuk anak-anak sudah menyiapkan kantong plastik berisi air dan diikatkan di tempat gantungannya.

Lomba memasukkan paku/pensil/belut ke dalam botol

Lomba memasukkan paku ke dalam botol dapat dilakukan dengan cara model pancing dan model mengikatkan tali berpaku ke pinggang peserta lomba. Alat lomba ini yakni paku ( bisa diganti juga dengan barang yang lainnya misalnya belut, pensil ), tali, bambu.

Lomba memasukkan air ke dalam botol

Lomba memasukkan air ke dalam botol yang dimaksud di sini adalah memasukkan air dengan alat piring. Mula-mula peserta lomba mengambil air menggunakan piring kemudian dituangkan ke dalam botol. Peserta yang paling banyak memasukkan air dalam waktu yang ditentukan oleh panitia, maka peserta itu lah yang menang.

Lomba joged bola sepak/bola voli/balon

Lomba joged bola sepak/balon ini sebenarnya mirip dengan lomba joged bola kasti, bedanya hanya terletak pada pengapitnya. Bola besar/balon diapit oleh pasangan peserta lomba dengan dadanya sambil berjoged.
Lomba menggiring bola dengan terong
Cara perlombaan ini adalah dengan menggiring bola dengan alat terong yang digantungkan atau diikatkan ke pinggang anak-anak/peserta lomba. Jarak keberhasilan giringan bola tergantung peraturan panitia lomba anak-anak.

Lomba gigit koin/uang logam

Panitia menggantungkan jeruk besar/kelapa yang di jeruk tersebut sudah ditancapkan koin uang logam. Permukaan tempat menancapkan uang logam tersebut diberi pewarna. Biasanya pewarna yang dipakai yakni oli bekas.

Lomba balap karung

Lomba balap karung memerlukan karung/kandi/bagor dan sejenisnya. Lomba ini juga sudah cukup klasik tetapi masih menarik dan unik.

Lomba sepeda lambat

Lomba sepeda lambat cukup menarik karena lomba ini memerlukan keseimbangan tubuh dalam menggayuh sepeda. Di mana peserta lomba yang paling lambat lah yang berhak menjadi pemenangnya.

Lomba menggambar/mewarnai gambar

Dalam rangka melatih kreatifitas anak -anak ( anak PAUD/SD ), lomba ini sangat cocok bagi mereka.

Lomba memasukkan benang ke lubang jarum

Lomba memasukkan benang ke jarum bermanfaat bagi anak-anak, karena lomba ini bisa melatih anak-anak dalam memusatkan pikiran.

Lomba memasukkan kelereng ke dalam tanah berlubang

Lomba ini cukup menarik, karena tidak dalam lomba pun, anak-anak sudah sering bermain kelereng dengan cara melubangi tanah kemudian dengan jarak tertentu mengarahkan kelereng agar masuk lubang.

kumpulan perlombaan untuk anak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s