Manfaat jawer kotok bagi kesehatan

Manfaat jawer kotok bagi kesehatan -Jawer kotok merupakan tanaman yang sejatinya gampang dijumpai di sekitar kita. Tanaman yang masuk dalam bahasa ilmiahnya ‘plectranthus scutellaroides’ ini memiliki daun berwarna ungu kehitam-hitaman menyerupai hati, sedangkan bentuk daun tersebut pada sisinya bergerigi. Ia bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter dengan batang yang gampang patah. Namun apakah kita mengetahui Manfaat jawer kotok bagi kesehatan? mari kita sedikit mengulas tentang Manfaat jawer kotok bagi kesehatan

Manfaat jawer kotok bagi kesehatan
Manfaat jawer kotok bagi kesehatan

Karena warnanya yang cukup menarik, tanaman yang terrgolong liar ini adakalanya dimanfaatkan sebagai bagian dari tanaman hias.  Bisa dipahami, karena jika ada di tangan yang kreatif tumbuhan jawer kotok bisa dikembangkan ke banyak varietas

Beberapa Manfaat jawer kotok bagi kesehatan:

  1. Radang anak telinga

Daun jawer kotok 1/2 genggam Air secukupnya.

Caranya : daunnya digiling hingga halus. Tambahkan 3 sendok makan air panas kemudian peras dan swing. Air perasan diteteskan pada anak telinga yang sakit sebanyak 3-6 kali sehari.

  1. Keputihan

Daun Jawer kotok 2/3 genggam, Madu 1 sendok makan dan air bersih 3 gelas. Caranya : Daun dicuci, lalu direbus bersama tiga gelas air hingga menyisakan 3/4 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring. Air rebusan diminum bersama madu. Lakukan pengobatan ini sebanyak tiga kali sehari.

  1. Wasir

Daun jawer kotok 12 lembar dan Air 2 gelas.

Caranya : Daun direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan menyisakan satu gelas. Ramuan diminum sekali sehari.

  1. Ambeien

17 helai daun jawer kotok, 7 daun ngokilo, 3 potong kunyit sepanjang jari telunjuk dan air masak.

Caranya : Cuci 17 helai daun jawer kotok dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit kemudian memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Kemudian disaring lalu Minum sehari sekali sebanyak segelas.

Manfaat jawer kotok bagi kesehatan
Manfaat jawer kotok bagi kesehatan
  1. Sembelit

5 helai daun jawer kotok dan air masak.

Caranya : 5 helai daun jawer kotok dicuci kemudian direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Saring dan beri sesendok minyak kacang kemudian minum sekaligus.

  1. Bisul

Daun jawer kotok dan minyak kelapa.

Caranya : Daun jawer kotok dicuci bersih kemudian ulasi dengan minyak kelapa lalu digarang kemudian disaat hangat tempelkan ke bisul.

  1. Luka Borok

8 helai daun jawer kotok dicuci kemudian diremas-remas sampai keluar cairannya dan tempelkan pada luka. Ganti 3x sehari.

  1. Gatal-gatal

Daun jawer kotok secukupnya dicuci dengan bersih kemudian direbus dengan air 4 liter setelah itu buang daunnya dan mandikan kebadan kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s